Gmail Hadirkan Fitur Baru untuk Cegah Peretasan Email, Begini Cara Pakainya

- 30 Agustus 2023, 22:19 WIB
Langkah-Langkah Menambahkan Akun Email ke Gmail: Panduan Lengkap untuk PC, Android, dan iPhone
Langkah-Langkah Menambahkan Akun Email ke Gmail: Panduan Lengkap untuk PC, Android, dan iPhone /*/mantrasukabumi.com

CERDIK INDONESIA - Search Engine terkemuka yakni Google kembali menambah lapisan keamanan untuk layanan emailnya atau Gmail. Fitur baru yang dihadirkan berupa verifikasi ulang terhadap beberapa aktivitas yang dianggap sensitif oleh Gmail.

Seperti perubahan di Pengaturan Gmail (Gmail’s Setting), yakni mencakup Filter, Forwarding, dan Akses IMAP. Nantinya, Gmail akan meminta verifikasi pengguna ketika melakukan perubahan terhadap sejumlah pengaturan di atas.

Berikut adalah contoh aktivitas yang dianggap sensitif oleh Gmail. Aktivasi ini bahkan telah dirangkum dari blog resmi Google, berikut penjelasannya.

1.Filter: membuat filter baru, mengedit filter yang sudah ada. Atau mengimpor filter baru ke Gmail.

2. Forwarding: menambahkan alamat e-mail baru. Untuk meneruskan pesan di menu pengaturan Forwarding dan POP/IMAP. 

POP sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuka pesan yang dikirim menggunakan Microsoft Outlook di Gmail. Sedangkan IMAP memungkinkan pengguna membaca pesan Gmail dari perangkat yang berbeda dan langsung tersinkronisasi secara langsung (real-time). 

Baca Juga: Heru Budi Hartono Instruksikan Pasang 300 Penyemprot Air di Atas Gedung untuk Kurangi Polusi Jakarta

3. Akses IMAP: mengaktifkan status akses IMAP di menu Pengaturan. Jadi, jika diaktifkan, pengguna dapat mengakses akun Gmail di perangkat yang berbeda-beda.

"Ketika pengguna melakukan salah satu kegiatan di atas dan terdeteksi oleh sistem. Gmail akan mengirimkan “Verify it’s you” (Verifikasi itu adalah Anda)," tulis Goggle. 

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x