Sebentar Lagi Lebaran, Simak 7 Tips Mengatur Keuangan untuk Persiapan Mudik

- 7 April 2023, 15:41 WIB
ilustrasi. tips mengatur keuangan untuk mudik
ilustrasi. tips mengatur keuangan untuk mudik /Pixabay.com/ stevepb

CERDIK INDONESIA – Mudik lebaran adalah salah satu tradisi tahunan yang banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, mudik lebaran juga menjadi kegiatan yang membutuhkan banyak persiapan, terutama dalam mengatur keuangan.

 

Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan untuk keperluan mudik lebaran.

  1. Buat Anggaran

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan mudik lebaran adalah membuat anggaran. Buatlah anggaran untuk semua pengeluaran selama perjalanan mudik.

Pastikan untuk mencatat semua biaya yang diperlukan seperti tiket, transportasi, penginapan, hingga makanan dan biaya-biaya lainnya. Dengan membuat anggaran, Anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran selama perjalanan.

Baca Juga: Asal Mula Tradisi Mudik Lebaran di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

  1. Memilih Transportasi yang tepat

Anda dapat memiliih transportasi yang tepat untuk perjalanan mudik. Untuk menghemat uang, cobalah untuk mencari tiket promo dan memesan dari jauh-jauh hari. Pertimbangkan juga waktu tempuh dan kenyamanan dalam memilih transportasi.

  1. Membawa Makanan dan Minuman Sendiri

Untuk mengehemat pengeluaran, selama perjalanan mudik Anda dapat membawa makanan dan minum sendiri selama perjalanan. Anda bisa membekal makanan dari rumah atau membeli makanan dan minuman di tempat yang lebih murah

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x