Metode Minum 2-4-2, Bantu Hindari Dehidrasi Saat Puasa

- 28 Maret 2023, 13:41 WIB
ilustrasi air minum
ilustrasi air minum /1465301/ pixabay.com

CERDIK INDONESIA – Tidak bisa dipungkiri, minum menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun saat puasa, kita menjadi tidak minum selama berjam-jam. Agar tidak dehidrasi, Anda bisa berkenalan dengan metode minum 2-4-2 agar terhindar dari dehidrasi saat sedang berpuasa.

Metode minum 2-4-2 ini telah dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan. Genap 8 gelas, tetap diterima oleh tubuh meskipun sedang berpuasa sekalipun. Metode tersebut dilakukan dengan cara meminum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari hingga menjelang sahur, dan 2 gelas ketika sahur.

Dua Gelas Saat Berbuka

Saat berbuka, menjadi saat yang tepat untuk mengisi ulang cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi satu gelas sebagai permulaan sebelum menyantap hidangan lain. Satu gelas dapat diminum perlahan untuk mengisi perut yang telah kosong selama seharian penuh.

Satu gelas selanjutnya, bisa diminum setelah menyantap hidangan lain. Jangan lupa untuk berikan ruang kosong dalam perut agar perut tidak menjadi kembung dan begah.

Baca Juga: Lupa Membaca Niat Puasa, Apa Hukumnya?

Empat Gelas Saat Malam

Untuk empat gelas selanjutnya, bukan diminum sekaligus secara langsung. Namun, dilakukan secara bertahap dan diberikan jeda pada setiap masing-masing gelas. Misalnya, Anda bisa meminumnya sebelum pergi tarawih, lalu kemudian meminumnya lagi setelah tarawih, satu gelas sebelum tidur, dan satu gelas setelah bangun tidur sebelum sahur.

Dua Gelas Saat Sahur

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x