Gempa Jayapura Magnitudo 5,4, Memakan Korban 4 Orang Tewas

- 9 Februari 2023, 19:05 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 5,4 Magnitudo Kota Jayapura, 4 Orang Tewas dan Bangunan Hancur
Gempa Bumi Berkekuatan 5,4 Magnitudo Kota Jayapura, 4 Orang Tewas dan Bangunan Hancur /Antara/Laksa Mahendra/Arif Prada/Nusantara Mulkan/

CerdikIndonesia - Gempa mengguncang wilayah Kota Jayapura, Papua pada 9 Februari 2023. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,4.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat sejauh ini setidaknya ada empat orang tewas akibat gempa magnitudo 5,4 yang terjadi pada pukul 15.28 WIT tersebut.

Dikutip dari unggahan akun Twitteer BMKG @infoBMKG, gempa bumi di Jayapura, Papua terjadi pada hari Kamis 9 Februari 2023 pukul 13.28 WIB. Gempa M 5,4 Jayapura itu memikiki kedalaman 10 km.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Gempa Bumi Guncang Jayapura

Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan empat korban itu ditemmukan dari bangunan rumah makan yang roboh akibat guncangan gempa bumi.

Asep menuturkan letak rumah makan tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan tim ahli untuk menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," jelas Asep dalam rilis yang diterima dari Plt Kapusdatin BNPB Abdul Muhari.

Baca Juga: Gempa Bumi Turki Sangat Merusak? Ini Penjelasan Pakar

Asep juga menjelaskan, pada saat terjadi gempabumi kuat selama 2-3 detik, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan kembali terjadi.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x