Gempa Bumi Turki Sangat Merusak? Ini Penjelasan Pakar

- 8 Februari 2023, 23:19 WIB
Gempa Bumi Turki Yang Dahsyat
Gempa Bumi Turki Yang Dahsyat /Antara

CerdikIndonesia - Gempa yang terjadi di Turki pada hari Senin yang berkekuatan 7,8 magnitudo menjadi "salah satu gempa bumi pedalam terebesar" di dunia, kata seorang pakar. 

Gempa yang terjadi pada hari Senin 6 Februari 2023 di Turki ini berdampak dahsyat dan sangat merusak. "Itu adalah gempa besar yang tak terduga" kata Profesor Shinji Toda, yang merupakan Profesor di International Research Institute of Disaster Science di Universitas Tohoku Jepang.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan beberapa alasana mengapa gempa yang terjadi di Turki sangat destruktif atau sangat merusak. Alasan pertama adalah guncangan yang bersar yaitu 7,8 magnitudo.

Baca Juga: Update Korban Gempa Bumi Turki - Suriah: 2.308 Meninggal Dunia, 8.880 Luka-Luka Hingga Saat Ini

Kedua, gempa yang terjadi dikerak dangkal. Ketiga, adanya gempa susulan yang besar dengan kekuatan 6,7 dan 7,5 magnitudo. "(4) Waktu gempa pagi hari pkl 4 bnyk warga dirumah, masih tidur," tulis Daryono lewat akun Twiternya @DaryonoBMKG.

Turki telah mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di 10 Provensi yang dilanda gempa bumi. Gempa yang terjadi pada hari Senin ini melanda distrik Pazarcik di Provensi Kahramanmaras yang menjadi pusatnya. 

Kemudian sembilan jam setelah gempa pertama adanya gempa susulan berkuatan 7,6 yang berpusat di Elbistan Kahramanmaras yang juga memberi dampak kepada wilayah lain, termasuk Adana. 

Baca Juga: BREAKING NEWS: Gempa Bumi Guncang Jayapura

Gempa bumi dengan 7,8 magnitudo di turki pada hari Senin 6 Februari 2023 mengakibatkan 500 korban jiwa, dan 3000 orang luka-luka. Selain Turki, negara seperti Suriah, Lebanon, Israel juga teerdampak akibat gempa tersebut. 

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x