'Ojo Dibandingke' Jangan Membandingkan Menurut Pandangan Islam: Simak Penjelasannya Berikut Ini!

- 21 Agustus 2022, 02:48 WIB
Ilustrasi intelektual otak
Ilustrasi intelektual otak /Foto oleh John Hain - Pixabay

CERDIK INDONESIA - Baru baru ini tengah viral lagu 'Ojo Dibandingke' atau kalau diartikan itu artinya 'jangan membandingkan'.

Lagu tersebut menjadi viral ketika dinyanyikan oleh penyanyi cilik asal Jawa Timur, Farel Prayoga di Istana Negara pada saat Memperingati HUT ke-77 RI.

Diketahui setelah kejadian tersebut, kini banyak orang yang mencari tau entah itu mengenai lirik lagu ataupun arti yang terkandung dalam isi lagu tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, berikut ini akan dibahas mengenai jangan membandingkan menurut pandangan Islam.

Sikap membanding-bandingkan merupakan kebiasaan yang kerap kali dilakukan seseorang, entah membandingkan diri dengan orang lain dalam hal jabatan, karier, kekayaan, dan sebagainya.

Baca Juga: Takhbib, Mengganggu Rumah Tangga Orang Lain, Berkaitan dengan Pebinor dan Pelakor: Berikut Penjelasan Hukumnya

Bisa juga membandingkan orang lain dengan pihak lain seperti membanding-bandingkan prestasi anak sendiri dengan teman sekelasnya. Lantas bagaimana pandangan Islam dengan sikap demikian? 

Membandingkan diri dengan orang lain atau orang lain dengan pihak lain, bisa tidak boleh dan bisa juga boleh, bahkan dianjurkan.

Yang tidak diperbolehkan adalah ketika sikap membandingkan ini membuat kita kurang bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Dalam Al-Qur’an disebutkan, 

  وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا   

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x