Dolomani, Pakaian Adat Buton yang Dipakai Presiden Jokowi dalam Upacara HUT ke-77 RI: Ini Maknanya!

- 17 Agustus 2022, 10:01 WIB
Pakaian Adat Dolamani dari Buton yang dipakai Jokowi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI
Pakaian Adat Dolamani dari Buton yang dipakai Jokowi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI /Tangkapan layar/Youtube

CERDIK INDONESIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini nampak hadir di Istana Merdeka, Jakarta untuk menjadi inspektur upacara detik-detik proklamasi HUT ke-77 Republik Indonesia.

Adapun Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Pada tahun ini, Jokowi mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara. Baju tersebut biasa dikenakan oleh para Sultan Buton dalam setiap acara resmi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat tiba di Istana Merdeka sebelum memimpin upacara pada Rabu pagi, 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Peran Pemuda bagi Bangsa Menurut Islam: Pemuda Menjadi Garda Depan dalam Memperjuangkan Kebenaran!

 "Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini Baju Dolomani dari Buton," tutur Jokowi kepada wartawan. "Maknanya dicari ke Buton," lanjut Jokowi sambil berseloroh saat ditanya maksud dari pemilihan busana adat tersebut.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Untuk itu, Presiden akan terus mengangkat berbagai pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan.

Baju adat Buton memiliki khas bunga rongo di sisi kiri, kanan. Bunga rongo memiliki makna tumbuhnya seorang pemimpin dari bawah ke atas

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x