Sejarah Patung Kuda, Karya Seni yang Ikonik dan Terletak di Jantung Ibu Kota Jakarta

- 10 Agustus 2022, 10:17 WIB
Patung Kuda Arjuna Wijaya
Patung Kuda Arjuna Wijaya /

CERDIK INDONESIA - Terletak di persimpangan yang memisahkan Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka, warga ibu kota pasti sudah tidak asing dengan keberadaan patung Arjuna Wijaya.

Patung ini memiliki panjang total 25,8 meter dengan tinggi 2,87 meter untuk figur kuda, dan 2 meter untuk figur arjuna.

Lebarnya 2,8 meter dan terletak di sisi perempatan antara Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Budi Kemuliaan, dan Jalan MH Thamrin.

Orang-orang selama ini lebih sering menyebutnya sebagai patung kuda. Memang tak salah menyebutnya demikian, karena patung itu berbentuk rentetan delapan kuda yang menarik kereta Arjuna.

Baca Juga: Profil dan Biodata Prilly Latuconsina Lengkap dengan Karir dan Pencapaiannya: Artis dengan Segudang Prestasi

Patung Kuda menjadi karya seni yang ikonik dan terletak di sebelah utara Bundaran HI, tepatnya berada di ujung selatan Jalan Medan Merdeka Barat.

Patung Kuda Arjuna Wijaya menceritakan tentang sebuah adegan Mahabharata, yaitu Arjuna yang sedang menggenggam busur panah dan Batara Kresna sedang menjadi pengemudi kereta perang berkepala garuda yang ditarik oleh delapan ekor kuda.

Ikon Kuda  melambangkan delapan filsafat kepemimpinan.

Hampir sama seperti cerita aslinya, patung ini juga diceritakan sedang berada di situasi pertempuran melawan Adipati Karna.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x