Sejarah Puasa Asyura: Hari Pembebasan Rasul di Masanya

- 8 Agustus 2022, 11:04 WIB
Puasa Asyura 9, 10, dan 11 Muharam Lengkap dengan Niat dan Hadisnya
Puasa Asyura 9, 10, dan 11 Muharam Lengkap dengan Niat dan Hadisnya /pexels.com

CERDIK INDONESIA - Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bulan yang di dalamnya terdapat hari Asyura ini sebagaimana telah ditegaskan dalam Al-Quran, Muharram termasuk sebagai Asyhurul Hurum (bulan-bulan yang dimuliakan).

Puasa ‘Asyura adalah salah satu puasa sunnah di bulan Muharram yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram, tahun ini bertepatan pada tanggal 8 Agustus 2022.

Puasa Asyura merupakan salah satu puasa sunah yang dinanti oleh umat Muslim.

Selain puasa di bulan Ramadhan, puasa Asyura juga sangat dianjurkan untuk dilakukan umat muslim.

Umat muslim dianjurkan banyak melakukan kebaikan pada bulan Muharram. Salah satunya, melaksanakan puasa Asyura. Posisi ibadah sunnah ini menjadi yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Baca Juga: Bacaan Dzikir yang Dianjurkan di Hari Asyura, Serta Peristiwa Penting yang Terjadi pada Hari Asyura.

Sebagaimana disebutkan di dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra, yang artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam", (HR Muslim).

Asyura, secara bahasa berasal dari kata asyarah yang artinya sepuluh. Jadi, hari Asyura merupakan hari ke-10 di bulan Muharram.

Salah satu di antara macam-macam puasa sunnah yang memiliki keutamaan berupa dihapuskannya dosa-dosa selama setahun adalah puasa ‘Asyura.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Dalamislam.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x