Bacaan Dzikir yang Dianjurkan di Hari Asyura, Serta Peristiwa Penting yang Terjadi pada Hari Asyura.

- 7 Agustus 2022, 21:22 WIB
Simak Hukum Bacaan Tajwid Surat At Tin Ayat 1-8. Foto: Ilustrasi Al Quran
Simak Hukum Bacaan Tajwid Surat At Tin Ayat 1-8. Foto: Ilustrasi Al Quran /pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari

CERDIK INDONESIA - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang terbaik dan istimewa. Dimana di bulan ini Allah akan menghapuskan dosa- dosa hambanya.

Sebentar lagi kita akan sampai pada tanggal 10 Muharram atau yang biasa disebut sebagai hari Asyura, yang bertepatan dengan hari Senin, 8 Agustus 2022.

Seperti kita ketahui banyak sekali keutamaan dan peristiwa penting di hari tersebut, sehingga selain diperintahkan untuk berpuasa pada hari Asyura, kita juga dianjurkan untuk berzikir.

Di bulan Muharram ini terdapat hari istimewa yakni tanggal 10 yang disebut sebagai hari Asyura dan sudah seharusnya diisi dengan ibadah terbaik.

Baca Juga: Ini Doa Niat Puasa Tasu'a dan Asyura, Ingat Tanggal 9 dan 10 Muharram 1444 H

Pada hari Asyura ini kita di sunahkan untuk puasa sunnah Asyura. Namun tidak hanya puasa saja di hari ini juga dianjurkan untuk memperbanyak berdzikir.

Sesungguhnya ada banyak faedah bagi orang yang senantiasa meminta ampun kepada Allah SWT.

Di antaranya, sebagaimana telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan sahabat Abdullah bin Abbas Radliyallahu 'Anh, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang senantiasa beristighfar (meminta ampun kepada Allah), Allah menjadikan setiap kesusahan baginya jalan keluar, setiap kegalauan kelapangan, dan dia diberikan rezeki yang tidak dia sangka-sangka. (HR Abu Dawud).   

Ada banyak dari umat terdahulu yang diterima tobatnya pada hari Asyura. Maka dari itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar pada hari Asyura tersebut.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah