China Protes Terhadap Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, Hubungan China dan Taiwan Semakin Keruh

- 3 Agustus 2022, 09:48 WIB
Nancy Pelosi saat tiba di Taiwan dan disambut Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu.
Nancy Pelosi saat tiba di Taiwan dan disambut Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu. /Reuters/Taiwan Ministry of Foreign Affair/VIA REUTERS

CERDIK INDONESIA - Seperti diketahui bahsawannya hubungan antara China dan Taiwan memang tidak baik. Hal tersebut terjadi karena permasalahan wilayah.

China menyatakan bahwa wilayah dari Taiwan masih termasuk ke dalam derah teritorial miliknya. Namun sebaliknya, Taiwan tidak membenarkan hal tersebut.

Hal panas yang terjadi antara kedua negara tersebut akhir-akhir ini terjadi karena kunjungan dari Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Baca Juga: VIRAL Video Klarifikasi Tasyi Athasyia Jelaskan Kenapa Tasyi dan Tasya Farasya Bertengkar? Suami Angkat Bicara

Kemudian China pun memanggil Duta Besar Amerka Serikat, Nicholas Burns, di Beijing sebagai bentuk protes dari pemerintah China.

Menurut Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, kedatangan dari Nancy Pelosi ke Taiwan bisa dianggap merusak hubungan antara China dan Amerika

"Kecendurungan Taiwan menuju kemerdekaan semakin berkembang. Jika kami tidak mengambil tindakan yang tepat untuk mengehentikannya, situasinya bahkan mungkin di luar kendali," ujar Zhang Jun.

Baca Juga: Profil Kevin Sanjaya Sukamuljo Hingga Deretan Prestasi Yang Pernah Diraihnya Dalam Ajang Bulutangkis

Selain itu, menurutnya kunjungan tersebut menjadi momen yang terlihat provokatif dan cukup membahayakan kedua negara tersebut.

"Kunjungan tersebut tampaknya sangat berbahaya, sangat provokatif. Jika kunjungan seperti itu terjadi, itu juga akan merusak hubungan antara China dan Amerika," kata Zhang Jun.***

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: AFP Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x