Dewan Pers: Siap Menjaga Pemberitaan yang Sehat di Tengah Dinamika Kontestasi Politik

- 28 Juli 2022, 22:50 WIB
Jelang Pemilu 2024, Dewan Pers Gelar Pelatihan Libatkan Semua Konstituen
Jelang Pemilu 2024, Dewan Pers Gelar Pelatihan Libatkan Semua Konstituen /Pixabay/Engin_Akyurt/

CERDIK INDONESIA - Dewan Pers menganggap pentingnya penyampaian berita yang sehat kepada masyarakat soal kontestasi politik akbar, Pemilu Serentak 2024.

Dewan Pers akan melakukan kerja sama dengan konstituen dan organisasi pers untuk bisa mewujudkan pemberitaan sehat tersebut.

Hal tersebut dilakukan agar bisa menjaga iklim pemberitaan yang sehat, serta menghindari perpecahan antar masyarakat yang rentan terjadi dalam Pemilu.

“Menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Dewan Pers bekerja sama dengan semua konstituen akan melakukan pelatihan dan diskusi informasi Pemilu, baik pilkada maupun pilpres" ujar anggota Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro, dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kendari, Kamis, 16 Juni 2022.

Baca Juga: Menuju Pesta Demokrasi: Inilah Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024!

"Dewan Pers akan melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)”, tambah Sapto.

Rentannya terjadi gesekan di tahun-tahun politik ini membuat Dewan Pers sadar bahwa butuhnya peran serta insan pers untuk bisa menjaga iklim demokrasi yang sehat.

Baca Juga: Bahaya! Menurut Pengamat Politik, Rawan Konflik Jika Belum Ada Peraturan Kampanye Pemilu di Media Sosial

Terlebih hal ini juga memang selaras dengan program-program dari kepengurusan Dewan Pers saat ini.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x