IKAN RAKSASA yang Muncul Usai Banjir di Garut, Inilah Faktanya!

- 27 Juli 2022, 23:20 WIB
Bikin Heboh Warga, Ikan Arapaima Gigas Ukuran Jumbo Ditemukan Pasca Banjir Garut.
Bikin Heboh Warga, Ikan Arapaima Gigas Ukuran Jumbo Ditemukan Pasca Banjir Garut. /

CERDIK INDONESIA - Ikan Arapaima yang ditemukan ketika banjir bandang di Garut,yang terjadi beberapa pekan yang lalu,  ternyata ada pemiliknya. Ikan tersebut merupakan peliharaan warga yang juga pemilik PD Cengkeh di Maktal Garut. Tim pemeriksa telah mengunjungi lokasi kolam pemeliharaan ikan tersebut dan bertemu dengan pemiliknya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut, Sofyan Yani mengungkapkan, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan yang datang langsung ke lokasi dipastikan tidak ada ikan yang lepas hingga ke sungai.

Sedangkan di Indonesia sendiri, ikan arapaima yang eksotis ini biasanya hanya ditemukan di kebun binatang. Tapi belakangan ini ternyata ada juga yang memelihara ikan arapaima di kolam pribadinya.

Ikan arapaima merupakan salah satu ikan air tawar raksasa di dunia yang ditemukan di perairan tropis Amerika Selatan. Ikan arapaima dikenal juga dengan nama pirarucu atau paiche. Ikan ini memiliki berat mencapai ratusan kilogram. Selain menjadi salah satu ikan air tawar terbesar, ikan arapaima juga memiliki banyak fakta unik lainnya yang jarang diketahui orang.

Baca Juga: Fadilah Keutamaan Surat Al Mulk, Baca Setelah Shalat Isya Sebelum Tidur!

Selain menjadi salah satu ikan air tawar terbesar, ikan arapaima juga memiliki banyak fakta unik lainnya yang jarang diketahui orang.

Berikut beberapa fakta unik ikan arapaima, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki berat mencapai 220 kilogram ikan air tawar ini memiliki berat mencapai 220 kilogram. Tidak heran ikan arapaima dijuluki sebagai salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Selain berat, ikan ini juga memiliki sisik dengan panjang mencapai enam cm. Panjang arapaima pun bisa mencapai 10 hingga 15 kaki.

2. Arapaima jantan merawat anaknya ikan arapaima dikenal sangat peduli dengan anak-anaknya. Arapaima jantan bahkan merawat anak-anaknya di mulutnya setelah mereka menetas dari telur.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x