Hasil Pemeriksaan Ruben Onsu di Singapura : Empty Sella Syndrome

- 27 Juli 2022, 19:11 WIB
Ternyata ini penyakit langka yang diderita Ruben Onsu.
Ternyata ini penyakit langka yang diderita Ruben Onsu. /YouTube/The Onsu Family/

CERDIK INDONESIA - Belum lama ini presenter Ruben Onsu melakukan pengobatan ke Singapura selama tiga hari. Setelah menjalani pemeriksaan di Singapura Ruben pun kembali ke Indonesia dan sudah mulai bekerja kembali. Secara terbuka mengungkap kondisi kesehatannya itu.

Dari hasil pemeriksaan endoskopi, Ruben didiagnosis mengalami penyempitan sumsum tulang belakang yang menyebabkan produksi sel darahnya terhambat dan mengharuskannya melakukan transfusi darah secara berkala.

"Keberangkatan saya ke Singapura memang fokus untuk ke spesialis darah. Kenapa darahnya selalu berkurang? Kenapa selalu transfusi terus? Akhirnya kemarin ada salah satu yang dikasih sama dokter adanya penyempitan sumsum tulang belakang yang di mana darahnya jadi kayak kegencet gitu, jadi tidak berproduksi," kata Ruben saat memandu program Brownis pada Senin, 25 Juli 2022, dikutip dari kanal YouTube Trans TV Official.

Baca Juga: Pengabdi Setan 2 Segera Tayang dalam Format IMAX! Berikut Jadwal dan Profil Pemainnya

Saat menjalani endoskopi, Ruben mendapatkan transfusi darah. Sejak beberapa waktu lalu, Ruben rutin menjalani transfusi darah karena memiliki kadar Hemoglobin atau Hb yang rendah, yaitu 5 g/dl, di mana untuk laki-laki dewasa normalnya 13 g/dL.

"Sementara gue juga ada fokus ke bagian otak, jadi darahnya tetap lebih menang di otak karena dia (otak) menyerapnya lebih banyak," kata Ruben melanjutkan soal hasil pemeriksaannya di Singapura.

Untuk diketahui bahwa, Ruben saat ini juga tengah berjuang melawan penyakitnya di bagian otak. Ruben mengidap Empty Sella Syndrome yang membuat tubuhnya kaku dan penglihatannya buram jika berada di tempat bersuhu dingin. Selain itu, ditemukan pula bercak-bercak putih di otaknya.

Sedangkan Ketika ditanya penyebab dari penyakit yang diidapnya itu, Ayah dari tiga orang anak itu mengaku tidak tahu. Sebab dirinya tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit tersebut.

Baca Juga: Mengenal Profil Sosok Ale yang Menjadi Pelopor Citayam Fashion Week !

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x