Elite Washington Lebih Peduli dengan Perang Ukraina daripada Krisis Domestik Besar

- 20 Juni 2022, 10:28 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dituduh menjadi bagian dalam misi rahasia Rusia untuk menghancurkan negaranya dari dalam.
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dituduh menjadi bagian dalam misi rahasia Rusia untuk menghancurkan negaranya dari dalam. /Reuters/Elizabeth Frantz 

CerdikIndonesia - Elite Washington tampaknya lebih peduli dengan perang Ukraina dibanding krisis domestik besar yang tengah menimpa mereka.

Pada 21 Mei 2022, Presiden AS Joe Biden menandatangani undang-undang yang menyediakan bantuan senilai $40 miliar untuk membantu Ukraina melawan invasi Rusia.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat menghadapi kenaikan inflasi (8,3% pada bulan April) yang mengancam akan memicu resesi. Jadi mengapa Washington lebih menyukai perang yang mahal di Ukraina daripada menghadapi banyak masalah internalnya?

Baca Juga: Partai Nasdem Umumkan Tiga Nama Presiden 2024, Salah Satunya Ada Anies Baswedan

Serangkaian krisis internal yang parah
Amerika Serikat saat ini sedang menghadapi serangkaian masalah domestik yang serius. Di sisi ekonomi, inflasi mencapai rekor tertinggi 8,3 persen pada April.

Hal ini berpotensi memicu resesi pada 2023, sementara negara itu baru saja mengalami resesi terburuk dalam sejarahnya pada 2020 akibat Covid-19.

Pada Februari 2022, hutang luar negeri AS telah mencapai $30 triliun, dengan PDB tahunan sebesar $24 triliun. Biaya hutang ini diperkirakan mencapai $300 miliar per tahun.

Di bidang kesehatan, AS secara resmi mencatat kematian terbanyak akibat Covid-19 secara global, dengan lebih dari satu juta kematian.

Korban bencana ini datang di negara yang menderita epidemi overdosis obat yang merenggut 100.000 nyawa setiap tahun.

Di negara dengan perekonomian terbesar di dunia, kelangkaan susu bayi seiring dengan penembakan di sekolah, yang terbaru menyebabkan 19 anak sekolah tewas di Uvalde.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x