Partai Nasdem Umumkan Tiga Nama Presiden 2024, Salah Satunya Ada Anies Baswedan

- 20 Juni 2022, 10:16 WIB
Potret tiga bakal calon presiden yang diusung dari Partai NasDem, (kiri ke kanan) Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, dan Anies Baswedan.
Potret tiga bakal calon presiden yang diusung dari Partai NasDem, (kiri ke kanan) Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, dan Anies Baswedan. /Antara/Galih Pradipta/

CerdikIndonesia - Partai Nasional Demokrat, atau Nasdem, memiliki daftar pendek tidak lebih dari tiga untuk calon potensial mereka untuk pemilihan presiden 2024.

Ketiganya antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai acara temu pimpinan daerah, Jumat. Tak satu pun dari calon potensial berafiliasi dengan partai.

“Partai Nasdem cukup terbuka dengan aspirasi publik yang berkembang karena tidak disebutkan pemimpinnya sendiri,” kata pengamat politik Saiful Mujani, Sabtu.

Baca Juga: BTS Raih Album No 1 Keenam di Chart Billboard 200 Dengan 'Proof'

“Partai dapat mengklaim bahwa itu memungkinkan mayoritas untuk menggunakannya sebagai kendaraan politik mereka dan mengartikulasikan kepentingan mereka,” tambahnya.

Saat menutup kongres di Jakarta Convention Center, Ketua Nasdem Surya Paloh mengatakan kepada pimpinan daerah bahwa pada akhirnya hanya satu dari tiga nama yang akan memenangkan dukungan partai untuk pemilihan presiden.

“Undang-undang membatasi calon presiden kita hanya satu. Kami akan memutuskan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat,” kata Surya.

Untuk saat ini, ketiga tokoh tersebut adalah kandidat yang setara dan tidak ada yang akan mendapatkan perlakuan khusus dari Nasdem, katanya, seraya menambahkan bahwa sebenarnya partai tidak memiliki urgensi untuk mengungkapkan nama sedini mungkin.

“Tidak ada yang mendorong kami ke sudut. Kami hanya ingin mencalonkan calon terbaik untuk kepentingan bangsa ini,” kata Surya.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV Hari Ini Senin, 20 Juni 2022: Film Horor KKN, Mega Bollywood Chalte Chalte dan Mata Bathin

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x