Konflik Rusia-Ukraina: Para Ahli Khawatir Sanksi Tidak Akan Menghalangi Putin untuk Menyerang Ukraina

- 23 Februari 2022, 20:40 WIB
Vladimir putin akui Ukraina merdeka
Vladimir putin akui Ukraina merdeka /

CerdikIndonesia - Para ahli merasa sanski itu sifatnya tertahan dan sanksi besar terhadap Putin dan Rusia tidak diumumkan dengan mempertimbangkan kepentingan ekonomi UE. 

Baca Juga: Prediksi Atletico Madrid vs Manchester United, Big Match Liga Champions Jam 03.00 WIB : Line Up, Formasi, H2H

Kekuatan Barat pada Selasa malam menanggapi langkah agresif Rusia di Ukraina dengan menerapkan sanksi ekonomi untuk mencegahnya melakukan invasi skala penuh ke Ukraina.

Namun, beberapa ahli meragukan bahwa sanksi akan menghalangi Putin. Presiden AS Joe Biden mengumumkan sanksi yang menghentikan dua bank milik negara Rusia untuk mengumpulkan uang baru dari bank-bank Barat.

Sanksi tersebut mencakup Vnesheconombank (VEB), bank pembangunan negara Rusia, dan Promsvyazbank (PSB), lembaga lain yang didukung negara karena mereka dilarang memperdagangkan utang Rusia mulai 1 Maret 2022.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Persebaya vs Arema FC Gratis, Nonton Siaran Langsung Liga 1 Malam Ini, 23 Februari 2022

Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa mereka juga menjatuhkan sanksi pada orang-orang Rusia yang berpengaruh dan anggota keluarga mereka di lingkaran dalam Putin.

"Tindakan hari ini membatasi kemampuan Rusia untuk membiayai kontrak terkait pertahanan dan mengumpulkan dana baru untuk membiayai kampanyenya melawan Ukraina. Departemen Keuangannya juga menunjuk orang-orang Rusia yang berpengaruh dan anggota keluarga mereka di lingkaran dalam Putin yang diyakini berpartisipasi dalam kleptokrasi rezim Rusia, termasuk Ketua dan CEO PSB," kata Departemen Keuangan.

Kepala FSB Alesandr Bortnikov, ketua VTB Denis Bortnikov, ajudan utama presiden Sergei Kiriyenko, CEO Vkontakte Cladimir Kiriyenko dan istri serta anak-anak mereka juga menghadapi sanksi. 

"Sanksi yang telah kami umumkan melampaui apa yang kami lakukan pada tahun 2014 - sanksi pemblokiran penuh terhadap dua lembaga keuangan terbesar Rusia, VEB dan bank militer. Lembaga-lembaga ini memiliki aset lebih dari $80 miliar. Mereka menyediakan layanan utama yang sangat penting untuk membiayai militer Kremlin dan Rusia. Kami memiliki sanksi komprehensif terhadap utang negara Rusia," tambah Anotny Blinken lebih lanjut saat berbicara dalam konferensi pers bersama dengan menteri luar negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x