Bentuk Persatuan, Masyarakat Desa Tainbira Melakukan Gotong Royong Untuk Memperbaiki Masjid Nurul Jihad

- 14 Juni 2021, 18:56 WIB
Gotong royong
Gotong royong /Yuan/

CERDIK INDONESIA - Masyarakat di kampung Tainbira berbondong-bondong untuk melakukan perbaikan masjid Agung Nurul Jihad yang berada di desa Tesbatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Perbaikan tersebut dilakukan mulai dari hari Selasa, 8 Juni 2021 setelah masyarakat prihatin dengan kondisi masjid yang kian memprihatinkan akibat usia bangunan yang telah uzur.

Tak hanya tergerus usia, masjid Nurul Jihad juga mengalami kerusakan akibat bencana alam badai Seroja yang melanda beberapa daerah di NTT termasuk desa Tainbira.

Baca Juga: Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi di Kupang NTT, Nelayan: Pendapatan Kami Menurun Drastis

Semua warga terdiri dari masyarakat muslim dari jamaah masjid setempat tak terkecuali para orang tua, remaja, hingga anak-anak santri yang saling bergotong-royong untuk memperbaiki masjid tersebut.

Adapun bahan material seperti semen, pasir, kayu, batu kerikil, dan bahan bangunan lainnya berasal dari hasil swadaya masyarakat sekitar.

Renovasi masjid Nurul Jihad meliputi pengecoran kubah dan perbaikan atap masjid yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kebocoran air saat hujan tiba.

Baca Juga: Setelah Sangihe, Kini Danau Toba Terancam Dicemarkan oleh Perusahaan Kertas PT TPL

Kegiatan gotong royong tersebut muncul dari musyawarah yang dilakukan Badan Pengurus dan Jamaah Muslim setempat yang bekerja sama untuk menjadikan masjid Nurul Jihad menjadi tempat ibadah yang aman dan layak untuk digunakan masyarakat desa.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x