Ini yang Sebenarnya Diinginkan Hamas dari Zionis Israel

- 15 Mei 2021, 10:10 WIB
Api dan asap muncul selama serangan udara oleh Israel di Jalur Gaza selatan, Palestina, Selasa 11 Mei 2021.
Api dan asap muncul selama serangan udara oleh Israel di Jalur Gaza selatan, Palestina, Selasa 11 Mei 2021. /Antara/Reuters/Ibraheem Abu Mustafa//

Cerdikindonesia - Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini tanah Palestina seolah menjadi sengketa yang sedang diperebutkan oleh orang-orang Islam dan Yahudi.

Perseteruan antara Palestina dengan Israel dimulai sejak tahun 1948 yang kala itu Israel secara sebelah pihak mendeklarasikan berdirinya sebuah negara bernama Israel.

Keberadaan Hamas di Palestina menjadi simbol gerakan perlawanan melawan Zionis Israel yang ingin menguasai Palestina secara utuh.

Lalu, apa sesungguhnya yang diinginkan oleh Hamas?

Baca Juga: Soroti Kelompok Millitan Hamas Palestina yang Berani Tembakan Roket Pada Israel, Siapakah Mereka?

Pada prinsipnya Hamas menolak untuk mengakui kedaulatan negara Israel, dan menginginkan agar tanah Palestina dapat kembali menjadi Tanah Air mereka secara utuh.

Pada tahun 1988, dibawah piagam kelompok militan Islam, Hamas dengan tegas menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menghancurkan Israel dari tanah mereka.

Sekaligus, Hamas memperjuangkan untuk kembali mendirikan Negara Islam Palestina yang telah ditorehkan dalam sejarahnya.

Pada 13 Mei 2021 lalu, tentara Zionis Israel telah menembakan howitzer self-propelled 155mm ke Jalur Gaza dari Sderot kota selatan Israel.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x