Harga Bawang Merah Meroket, Ini Penyebabnya

- 15 Februari 2021, 19:52 WIB
Seorang gadis di Tiongkok mengirimkan ribuan kilogram bawang merah ke rumah mantan pacarnya.*
Seorang gadis di Tiongkok mengirimkan ribuan kilogram bawang merah ke rumah mantan pacarnya.* /Weibo: Tou Tiao Xin Wen/

CERDIK INDONESIA - Dalam seminggu terakhir ini, Perkembangan harga komoditas bawang merah terus mengalami kenaikan.

Hal tersebut terlihat mulai pada tanggal 10 Februari 2021 lalu harga berada di angka Rp21.992 dan kemudian berangsur naik di angka Rp25.391 per kilogram pada hari ini.

Menurut Doktor dalam Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Suharno mengatakan faktor meningkatnya harga bawang merah itu disebabkan oleh pola permintaan yang terbilang masih stabil.

Baca Juga: Mati Akibat Divaksin Covid-19? Jokowi Siap Tanggung Jawab Dengan Berikan Kompensasi ini

"Pola permintaan masih stabil, yang dimaksud stabil disini artinya tidak berubah banyak pada tingkat yang terlalu berubah," kata Suharno dalam dialog Pro3RRI, Senin (15 Februari).

Suharno menjelaskan sementara untuk pasokan bawang sendiri diketahui telah masuk pada bulan-bulan panen raya. Dalam hal ini memungkinkan petani baru.

"Selain itu juga dipengaruhi dari fleksibiltas dan kelancaran transportasi, karena yang kita tahu kalau bawang peka terhadap air, transportasi yang tidak baik akan mempengaruhi mutu bawang merah itu sendiri," jelasnya.

Baca Juga: Perhatikan! Seleksi CPNS 2021 Dibuka, Ini Jadwal Tesnya

Fenomena tersebut juga berpengaruh pada pemasokan yang relativ terhambat. Apalagi jika melihat kondisi cuaca yang sampai saat ni tidak menentu.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x