Demonstrasi AS Rusuh, Berikut Reaksi Berbagai Pemimpin Dunia Atas Invasi Gedung Kongres

- 7 Januari 2021, 12:26 WIB
Demonstrasi dalam gedung kongres Amerika Serikat yang menewaskan seorang wanita
Demonstrasi dalam gedung kongres Amerika Serikat yang menewaskan seorang wanita /website Nypost.com

CerdikIndonesia – Para pemimpin dunia dan diplomat senior mengutuk keras massa yang menyerang Capitol AS di Washington, DC pada Rabu, 6 Januari 2021. Beberapa telah mendesak Presiden Donald Trump untuk segera menghentikan kekerasan.

Dilansir dari CNN, Pendukung Trump masuk ke Capitol, dan ketika protes menjadi tidak terkendali, seorang wanita ditembak dan dibunuh.

Kondisi pemanasan mengganggu hasil pemilu kongres untuk membuktikan kemenangan Presiden terpilih, Joe Biden yang akan mengambil alih kursi kepresidenan akhir bulan ini.

Baca Juga: Ricuh Demonstrasi Amerika Serikat, Kehadiran Mike Pence Mendulang Pujian dan Penghormatan di Kongres

Setelah Trump berbicara dengan pengunjuk rasa untuk mengulangi klaim bahwa dia memenangkan pemilu AS pada November 2020 silam, kekerasan dan kericuhan pecah tak terhindarkan.

Para pemimpin dunia menyatakan keprihatinannya tentang hal ini melalui postingan online, menyebut adegan kacau ini dengan kata-kata ekspresi "terkejut" dan "malu".

Beberapa pemimpin tampaknya percaya bahwa Presiden Amerika Serikat secara pribadi bertanggung jawab atas kekacauan tersebut dan mendesak agar kekerasan segera dihentikan.

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg menulis: "Apa yang kita lihat dari Washington adalah serangan yang sama sekali tidak dapat diterima terhadap demokrasi Amerika. Presiden Trump memiliki tanggung jawab untuk menghentikan ini. Itu menakutkan. Dan citra yang luar biasa adalah Amerika.”

Baca Juga: Demo AS Rusuh, Trump Tenangkan Massa untuk Pulang dengan Damai dan Cinta

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: CNN


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x