Semakin Dekat, Filipina Bersiap untuk Beli Rudal Jelajah Indo-Rusia BrahMos

- 23 November 2020, 17:54 WIB
Rudal BrahMos
Rudal BrahMos /dfnc.ru

CERDIK INDONESIA - Pemerintah Filipina dapat menandatangani perjanjian untuk pembelian rudal jelajah Indo-Rusia BrahMos awal tahun depan, setelah penundaan yang disebabkan COVID-19, menurut laporan media.

Filipina telah lama menyatakan minatnya untuk membeli sistem persenjataan canggih, yang telah dikembangkan bersama oleh pemerintah Rusia dan India. Pada Desember 2019, Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, mengumumkan bahwa Filipina sedang bersiap untuk membeli dua buah rudal BrahMos, sebagai bagian dari program modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina.

Pandemi COVID-19 tampaknya telah menunda pembelian, tetapi tampaknya akan berlanjut secepatnya pada awal 2021.

Baca Juga: Tuding Rusia dan Turki, Macron: Mereka Memainkan Kebencian Pasca-Kolonial

Laporan tersebut muncul setelah Roman Babushkin, wakil kepala misi Rusia di New Delhi, mengatakan kepada pengarahan media online pada pertengahan November bahwa tes terbaru dari sistem rudal telah berhasil, dan bahwa BrahMos berencana untuk mulai mengekspornya ke negara ketiga mulai dengan Filipina.

Sementara itu, Arsenio Andolong, juru bicara di Departemen Pertahanan Nasional Filipina, mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa pembelian sistem rudal BrahMos masih dalam evaluasi.

Sebuah laporan baru-baru ini di Hindustan Times menunjukkan bahwa kesepakatan itu akan ditandatangani selama pertemuan puncak potensial antara Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Pertemuan tersebut belum dikonfirmasi, namun diharapkan berlangsung pada bulan Februari.

Baca Juga: Kabar Vladimir Putin Mundur dari Kursi Presiden Rusia karena Terkena Penyakit Parkinson

Rudal jelajah supersonik tercepat di dunia, BrahMos adalah gagasan dari BrahMos Aerospace, perusahaan patungan antara India dan Rusia yang didirikan di India pada tahun 1998.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: The Diplomat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x