Menteri ESDM Minta PLN Wujudkan BPP Listrik yang Efisien, Mengapa?

- 24 Oktober 2020, 09:10 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Mantrasukabumi)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Mantrasukabumi) /Mantrasukabumi

CerdikIndonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengharapkan transformasi bisnis yang digagas oleh PT PLN (Persero) mampu menciptakan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang lebih efisien. Dengan begitu, seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati listrik yang terjangkau namun berkualitas.

“PLN perlu melakukan berbagai upaya optimal agar tercipta Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang efisien, sehingga kita dapat menyediakan tenaga listrik yang berkualitas, andal, ramah lingkungan, dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.” kata Arifin dalam pernyataan pers tertulisnya, Rabu (21/10).

Baca Juga: Jokowi Berkunjung ke Sulawesi Tenggara, Ada Apa?

Salah satu upaya yang bisa dilakukan PLN, sambung Arifin, melalui pengaturan manajemen rantai pasok dari energi primer serta menjaga sinergitas antarpemangku kepentingan. “Pengelolaan System Average Interruption Duration Index (SAIDI) dan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) menjadi penting untuk dilakukan PLN bila ingin mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Angka Stunting Turun Hingga 14% Pada 2024, Wapres: Wajib Konvergensi Program

Saat ini, PLN mengusung empat pilar dalam menyongsong industri 4.0, yakni green, lean, innovative, dan customer focused. Adaptasi atas perkembangan zaman ini pun diapresiasi oleh Arifin guna mendorong bisnis yang berkelanjutan (sustainability).

“Saya yakin dengan transformasi PLN bisa mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tegasnya.

Ia menyarankan PLN juga meningkatkan konsep pelayanan yang lebih memprioritaskan pelanggan. Kepuasan dan kedekatan dengan pelanggan akan menjadi titik penting bagi keberlangsungan usaha. “Salah satu konsep yang harus dilakukan manajemen PLN adalah tidak kaku, menerapkan human oriented,” jelasnya.

Baca Juga: Pramono Anung Lepas Kepulangan PM Jepang, Tutup Rangkaian Kunjungan 2 Hari di Indonesia

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x