Hari Batik, Inilah Batik-Batik Keren dari Berbagai Daerah di Indonesia

- 2 Oktober 2020, 23:18 WIB
Motif batik halus Cirebon./ instagram.com/ @batik_oesman_h
Motif batik halus Cirebon./ instagram.com/ @batik_oesman_h /

CerdikIndonesia - Batik-Batik Keren Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tepat tanggal 2 Oktober, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Batik merupakan salah satu Warisan Budaya Indonesia ketiga yang diakui oleh UNESCO (United Nations Educationals, Scientific, and Cultural Organization) setelah Kris dan Wayang.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak macam kerajinan batik yang terkenal dari masing-masing daerah. Berikut batik-batik keren yang menjadi ciri khas masing-masih daerah di Indonesia :

Baca Juga: Api Abadi Mrapen Padam untuk Pertama Kalinya, Ganjar Minta Tim ESDM Jateng Mengecek Penyebabnya

  1. Batik Burung Cendrawasih.

Batik Burung Cendrawasih merupakan salah satu batik khas yang berasal dari Tanah Papua. Motif ini merupakan gambaran dari burung cendrawasih yang memiliki bulu dan ekor yang indah. Burung ini merupakan hewan khas yang hanya ada di Papua.

  1. Batik Keraton.

Batik Keraton merupakan salah satu batik yang berasal dari Kota Yogyakarta. Batik yang kental dengan nuansa elegan ini awalnya dibuat oleh para putri yang berada di sekitaran keraton. Batik ini awalnya hanya boleh digunakan oleh orang-orang tertentu saja.

  1. Batik Tujuh Rupa.

Batik ini berasal dari kota Pekalongan. Batik ini menampilkan motif yang kental dengan nuansa alam di Kota Pekalongan. Pada umumnya, motif batik yang diambil bergambar hewan atau tumbuhan.

Baca Juga: BLACKPINK Pecahkan Rekor 10 Juta Views Tercepat untuk Kpop Girl Group

  1. Batik Megamendung.

Batik ini berasal dari daerah Cirebon. Batik ini sangat khas dengan motif awannya yang besar, berwarna terang dan mencolok. Warna yang sering digunakan dalam batik ini yaitu warna ungu, merah tua dan biru.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah