Apakah Daerahmu Termasuk? 10 Provinsi Termiskin di Indonesia Tahun 2023, Nomor 6 Banyak yang Tak Menyangka

- 11 September 2023, 16:01 WIB
10 Provinsi Termiskin di Indonesia Tahun 2023
10 Provinsi Termiskin di Indonesia Tahun 2023 /Foto: Unsplash/fadly suhada

CERDIK INDONESIA - Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan data mengenai tingkat kemiskinan di 38 Provinsi Republik Indonesia pada tahun 2023.

Namun, sayangnya, pemerintah Indonesia telah menjalankan pembangunan secara tidak merata di antara 38 Provinsi tersebut. Akibatnya, masih terdapat banyak provinsi yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi di kalangan penduduknya.

Kondisi ini mencerminkan bahwa pertumbuhan ekonomi di tiap provinsi di Indonesia masih tidak merata.

Baca Juga: Bak di Luar Negeri! Top 7 Wisata Malam Bandung yang Penuh Pesona, Banyak Foto yang Instagramable

Banyak pihak berpendapat bahwa hal ini terjadi karena para pejabat tinggi lebih mementingkan kepentingan mayoritas masyarakat dan terkadang mengabaikan kepentingan minoritas.

Akibatnya, ekonomi di daerah-daerah terpencil pun tidak berkembang, bahkan beberapa provinsi di Indonesia masih memiliki tingkat kemiskinan yang melebihi 10%.

Data mengenai tingkat kemiskinan di seluruh provinsi di Indonesia didasarkan pada informasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode Maret hingga September 2022.

Persentase kemiskinan di Indonesia hanya mengalami penurunan kecil dari tahun sebelumnya, yaitu dari 9,71% pada tahun 2021 menjadi 9,57%.

Baca Juga: Salah Satunya Danau Laut Tawar, Top 3 Wisata Paling Populer dan Terkenal di Aceh

Halaman:

Editor: Raqsan Jani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x