Kenapa Mobil Sering Mogok Saat Melewati Rel Kereta Api? Berikut Penyebab dan Faktor yang Perlu Diperhatikan

- 19 Juli 2023, 16:15 WIB
Mobil mogok saat melewati rel kereta api, simak hal yang perlu diperhatikan
Mobil mogok saat melewati rel kereta api, simak hal yang perlu diperhatikan /Pixabay/kalhh

CERDIK INDONESIA – Ada yang perlu diperhatikan saat melintas melewati rel kereta api, karena ada beberapa penyebab yang membuat mogok saat melintasi rel.

Sudah banyak kasus yang mengungkapkan saat mobil melewati rel kereta api tapi tiba-tiba mogok, hal tersebut perlu diketahui untuk tidak terjadi kejadian yang idak didinginkan tentunya.

Ada saran yang disampaikan oleh pengamat transportasi sekaligus instruktur Safety Defensive Consultant Sony Susmana yaitu alasan mogok karena adanya medan magnet.

“Dan magnet yang ini sering kita tidak memperhitungkan, jadi untuk menghindari medan magnet, kita harus berhenti sebelum rel 3 meter. Masukin gigi 1, barulah kita melintas dengan momentum,” ujarnya kepada Pikiran-rakyat.com pada hari ini, Rabu 19 Juli 2023.

Baca Juga: Kronologi Copot Baliho Ganjar Pranowo di Area Lingkungan Kodim di Kalteng, Yudo Margono: Netralitas TNI

Pengetahuan itu suka disepelekan oleh pengendara mobil, padahal hal yang sepele tersebut dapat mengancam bahaya yang besar.

"Mereka orang ketabrak di perlintasan kereta api salah satunya karena mogok di medan magnet. Kita gak tahu sebelumnya itu real atau tidak. Ada yang ahli bilang karena medan magnet sebelum melintas," katanya melanjutkan.

Kejadian-kejadian sebelumnya ketika mobil kadang mgok di rel kereta api yaitu adanya medan magnet.

Baca Juga: Kronologi Masalah Guruh Soekarnoputra dan Susy Angkawijaya Terkait Rumah

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x