Update Korban Tewas Gempa Bumi Turki dan Suriah Hari ini Capai 33 Ribu Jiwa

- 13 Februari 2023, 22:40 WIB
Update korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah saat ini mencapai 33 ribu jiwa, lampaui korban tsunami Jepang.
Update korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah saat ini mencapai 33 ribu jiwa, lampaui korban tsunami Jepang. /REUTERS/Ronen Zvulun

CerdikIndonesia - Korban tewas akibat bencana gempa bumi yang melanda Turki Suriah kini kembali Bertambah. Jumlah korban jiwa dari bencana itu mencapai 33 ribu orang.

Tim Penyelamat Turki mengeluarkan beberapa orang yang tertindih dari bangunan runtuh akibat gempa. Banyak orang yang bertahan dari reruntuhan bangunan tersebut, dan berhasil dievakuasi.

Dengan harapan menemukan lebih banyak korban yang selamat dari puing-puing, para penyelamat hingga saat ini masih melakukan evakuasi dengan menggali bangunan runtuh tersebut.

Baca Juga: Update Korban Gempa Bumi Turki - Suriah: 2.308 Meninggal Dunia, 8.880 Luka-Luka Hingga Saat Ini

Jumlah korban yang tewas gabungan bencana di Turki dan Suriah yang berekuatan magnitudo 7,8 Senin hari ini naik menjadi 37.000 dan tampaknya terus meningkat.

PBB saat ini telah memperingatkan bahwa 870.000 orang sangat membutuhkan makanan panas di seluruh Turki dan Suriah. Sebanyak 5,3 juta orang juga diyakini telah kehilangan tempat tinggal akibat gempa bumi tersebut.

Fase penyelamatan hampir selesai, sekarang tim penyelamat fokus ke penyediaan tempat tinggal, makanan dan sekoah, ujar kepala bantuan PBB Martin Griffiths selama kunjungan ke Aleppo di Suriah utara pada hari Senin dini.

Baca Juga: Gempa Bumi Turki Sangat Merusak? Ini Penjelasan Pakar

Selama kunjungan nya, para pejabat mengatakan seorang gadis muda bernama Miray diselamatkan di Adiyaman 178 jam setelah gempa dan seorang wanita berusia 35 tahun juga diselamatkan di kota yang sama.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x