Gempa di Garut ada Hubungan dengan Sesar Lembang? BMKG Bandung: Sudah Terjadi Beberapa Kali Gempa

- 4 Desember 2022, 05:32 WIB
Ilustrasi: ini risiko Sesar Lembang jika bergerak sebabkan gempa bumi
Ilustrasi: ini risiko Sesar Lembang jika bergerak sebabkan gempa bumi /Mapay Bandung/Pixabay/Dezalb

CERDIK INDONESIA - Guncangan gempa terjadi di wilayah Garut yang terasa hingga Bandung pada hari Sabtu, 3 Desember 2022 dan membuat banyak warga Bandung dan sekitarnya yang menghubungkan gempa tersebut dengan pergerakan Sesar Lembang.

Sesar Lembang sendiri merupakan suatu sesar di dalam perut bumi yang melintang mengitari tepi utara wilayah Bandung meliputi Padalarang hingga Gunung Manglayang.

Menanggapi gempa yang terjadi di Garut dan spekulasi tentang hubungannya dengan pergerakan Sesar Lembang, pihak BMKG telah angkat suara.

Baca Juga: Gempa Kembali Guncang Jawa Barat, Tepatnya di Garut: Getarannya Terasa Hingga Banten dan Jawa Tengah

Salah satu staf Observasi Geologi Gempa Bumi Stasiun BMKG Bandung Ajeng Marina Utami memberikan penjelasan bahwa hingga saat ini belum ada aktivitas gempa yang signifikan terkait dengan gempa yang terjadi di Garut.

"Sejauh ini belum ada aktivitas Sesar Lembang. Tapi BMKG dengan jaringan jauh lebih baik sekarang selalu memantau pergerakan Sesar Lembang selama 24 jam," ucap Ajeng.

Saat ditemui awak media di Balai Kota Bandung, dia juga menjelaskan bahwa per tahun 2022, Sesar Lembang terpantau hanya mengeluarkan gempa-gempa kecil yang sama sekali tidak berbahaya.

"Tahun ini hanya gempa-gempa kecil untuk pergerakan di (Sesar) Lembang itu terus kita pantau. Kalau tahun ini belum ada (aktivitas) signifikan," ucap dia.

Baca Juga: Tenda Sakinah, Solusi Kebutuhan Logis Pasutri Korban Terdampak Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x