Program MPMB Resmi Dirilis Kemenag, Berikut Penjelesannya

- 14 November 2022, 17:22 WIB
Sebelum Peresmian Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Ini Pesan Kemenag
Sebelum Peresmian Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Ini Pesan Kemenag /Kemenag /Chanelsulsel

Cerdik Indonesia - Dalam mewujudkan profesionalitas pengelolaan cara pandang moderat, Kementraian Agama resmi merilis program baru yang bernama Masjid Pelopor Moderasi Beragama (MPMB).

Kamaruddin Amin selaku Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag mengatakan bahwa program MPMB tersebut merupakan bagian prioritas dan direktif Menteri Agama.

Menurutnya, program MPMB tersebut bertujuan pada tiga hal. Yakni, terbentuknya seluruh ekosistem masjid secara profesional, mengutamakan kenyamanan dan kerukunan dengan cara menambah pandangan yang moderat, toleran, dan ramah. Serta, melakukan pemberdayaan kepada segenap jamaah demi terwujudnya kemakmuran masjid.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Modifikasi Cuaca Dilakukan Guna Mencegah Fenomena Siklon Tropis

Kamaruddin juga mengatakan, Masjid Profesional, Moderat, dan Berdaya, menjadi singkatain lain dalam melingkupi ketiga tujuan tersebut.

Sosialisasi, pengenalan profil, dan peningkatan pemahaman ketiga program tersebut juga telah dilakukan demi terwujudnya program MPMB tersebut.

Penguatan takmir masjid, remaja masjid, khatib dan penceramah dalam bentuk modul-modul pelatihan juga sedang tahap penyempurnaan.

Baca Juga: Deretan Pemain Top Dunia yang Tidak di Panggil Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022

Demi terwujudnya paham kegamaan yang moderat, sejuk, menentramkan, serta rahmatan lil alamin, Kamaruddin juga mengatakan bahwa masjid harus menjadi instrumen penggerak dari setiap kegiatan program tersebut. ***

Editor: Safutra Rantona

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x