Tak Hanya Lebih Cepat, Ini Keunggulan Jaringan 5G Lainnya!

- 17 September 2022, 21:42 WIB
Keunggulan Jaringan 5G. /pixabay.com/torstensimon /
Keunggulan Jaringan 5G. /pixabay.com/torstensimon / /

CERDIK INDONESIA - Sudah hampir satu dekade setelah peluncuran smartphone 4G pertama di dunia, HTC Thunderbolt, saat ini dunia sedang meluncurkan smartphone 5G secara luas untuk semua penggunanya. Di tahun 2019, ada beberapa smartphone kelas atas yang sudah dilengkapi dengan koneksi 5G dan hanya diluncurkan di beberapa pasar seperti China, Eropa dan AS.

Namun, kini, sudah banyak ponsel 5G yang masuk ke Indonesia untuk memenuhi permintaan pengguna. Salah satunya adalah Vivo V25 5G yang baru saja dirilis secara resmi.

Jaringan 5G mengacu pada standar dasar teknologi generasi kelima untuk jaringan telepon seluler. Jaringan ini muncul setelah 1G, 2G, 3G, dan 4G. Jaringan generasi kelima ini menjanjikan kecepatan pengunduhan data di mana saja antara 1Gbps dan 10 Gbps.
Karena jaringan ini cukup baru, maka biasanya dapat digunakan bersama dengan 4G LTE sehingga disebut juga sebagai 5G NSA (Non-Standalone).

Ini berarti inti dari jaringan 5G dapat menggunakan teknologi 4G tetapi dengan beberapa peningkatan 5G. setelah adanya peluncuran 5G menjadi lebih umum, operator jaringan akan mengalihkannya ke 5G SA (Standalone).

Baca Juga: Kabel Internet Bawah Laut Jadi Penyebab Gangguan Jaringan Telkomsel dan Indihome, Benarkah Digigit Hiu?

Lalu apa perbedaan jaringan 5G dengan jaringan 4G?

Tentunya 5G memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jaringan terdahulunya. Mulai dari penawaran kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat hingga kapasitas yang lebih tinggi. Jaringan generasi kelima ini juga lebih efisien dalam menggunakan spektrum, memiliki latensi lebih rendah, dan ekosistem yang lebih menyatu daripada jaringan 4G.

1. Kecepatan Unduhan yang Lebih Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jaringan 5G menawarkan kecepatan pengunduhan tinggi yaitu sekitar 100Mb/detik hingga 400Mb/detik pada jaringan sub-6GHz dan sekitar 1GB/detik pada jaringan mmWave. Angka ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G yang hanya sekitar 10Mb/detik hingga 50Mb/detik.
Dengan kecepatan unduhan yang lebih tinggi, Anda bisa melakukan banyak hal yang belum pernah Anda lakukan seperti streaming video 4K hingga 8K di ponsel Anda tanpa buffering. Anda juga bisa melakukan panggilan video dengan resolusi tinggi, memainkan game multi pemain dengan resolusi tinggi, hingga menikmati konten VR.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x