Warga Jawa Tengah Diduga Tertular Cacar Monyet: Ganjar Pranowo Minta Pintu Masuk Indonesia Diperketat

- 4 Agustus 2022, 12:06 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo /Humas Provinsi Jawa Tengah

CERDIK INDONESIA - Wabah cacar monyet kini semakin cacar monyetmenjadi perhatian dunia.

Seperti diketahui bahwa wabah cacar monyet ini sudah ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat global yang menjadi perhatian internasional (PHEIC) WHO.

Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit yang disebabkan virus monkeypox. Pada asalnya, penyakit ini adalah penyakit zoonosis, yang berarti ditularkan dari hewan ke manusia.

Penyakit ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang masih berkerabat dengan smallpox atau cacar.

Baca Juga: Ngeri, Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global yang Menjadi Perhatian Dunia

Kini diketahui, seorang warga Jateng diduga tertular penyakit cacar monyet, namun Dinkes Jateng menyatakan warga tersebut statusnya masih sebatas suspek atau bergejala.

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini menjalani isolasi dan kondisinya juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun meminta pemerintah pusat memperketat akses masuk Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet atau monkeypox yang sudah muncul di beberapa negara.

"Kami meminta karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar bisa aman," kata Ganjar di Semarang pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x