Usulkan Ganti Kejati Yang Gunakan Bahasa Sunda, Prof Karim Suryadi Ikut Tanggapi Sikap Anggota PDIP Itu

- 20 Januari 2022, 16:02 WIB
 Pernyataan anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan yang mempermasalahkan penggunaan bahasa Sunda oleh seorang pejabat, yakni seorang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) berbuntut panjang.
Pernyataan anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan yang mempermasalahkan penggunaan bahasa Sunda oleh seorang pejabat, yakni seorang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) berbuntut panjang. /Instagram @sahabatarteriadahlan

CerdikIndonesia - Nama Arteria Dahlan kini menjadi sorotan publik setelah usulkan ganti Kejati (Kepala Kejaksaan Tinggi) yang menggunakan bahasa sunda dalam rapat kerja yang disiarkan oleh akun Youtube DPR RI pada Senin, 17 Januari 2022.

Dinilai terlalu berlebihan, usulan Arteria Dahlan yang merupakan Anggota Komisi III Fraksi PDIP pun telah membuat geger masyarakat Indonesia.

“Ada sedikit kritik Pak Jaksa Agung, Ada Kajati yang saat rapao ngomong pakai bahasa Sunda, Ganti, Pak itu,” Ucap Arteria Dahlan kepada Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Baca Juga: Cak Imin Peringatkan Pemerintahan Jokowi Soal Pembangunan Ibu Kota Negara Cenderung Menghamburkan APBN

Lebih jauh Arteria menjelaskan bahwa dalam memimpin rapat, seorang Kajati dinilai perlunya menggunakan bahasa Indonesia agar tidak memunculkan kesalahan persepsi bagi yang mendengarnya.

“Kalau ngomong bahasa Sunda, orang takut. Ngomong apa, Dan sebagainya. Kami mohon yang seperti ini dilakukan penindakan tegas,” ucap Arteria Dahlan.

Atas sikapnya itu, publik merespon cepat hingga tak lama kemudian beberapa tokoh ternama memberikan ungkapan kekecewaannya atas ungkapan Dahlan tersebut.

Baca Juga: DPR dan DPD Sepakat 40 RUU Masuk Dalam Prolegnas Prioritas, Ini Daftar 40 RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2022

Dalam wawancaranya yang disiarkan oleh kanal Youtube resmi tvOne pada hari Rabu, 19 Januari 2022, salah satu tokoh ternama yang ikut menanggapi ucapan Aretia tersebut adalah Prof Karim Suryadi yang mana ia adalah seorang pakar komunikasi politik.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x