Arteria Dahlan: 'Ganti Kajati Pak, Harus Ditindak Tegas. Jangan Pakai Bahasa Sunda, Kita Indonesia Pak!'

- 19 Januari 2022, 10:34 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan /

CERDIK INDONESIA - Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI dinilai telah melukai masyarakat Sunda. Bahkan, Ridwan Kamil sampai imbau Arteria untuk tuturkan permintaan maaf.

Baca Juga: Akses Link kip-kuliah.kemdikbud.go.id Daftar KIP Kuliah Tahun 2022, Daftar Kampus Negeri yang Buka KIP Kuliah

"Jadi saya mengimbau Pak Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf kepada masyarakat Sunda di Nusantara ini. Kalau tidak dilakukan, pasti akan bereskalasi. Sebenarnya orang Sunda itu pemaaf ya, jadi saya berharap itu dilakukan," ujar Ridwan Kamil. 

Pasalnya, Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk mencopot Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) hanya karena menggunakan bahasa Sunda saat rapat. Tidak ada bukti valid soal bagaimana anggota tersebut berbahasa Sunda, apakah hanya sebatas sepatah dua patah kata? Atau dialog penuh dalam bahasa Sunda? 

Baca Juga: Ridwan Kamil Himbau Arteria Dahlan Minta Maaf Kepada Masyarakat Sunda Atas Sikapnya

Kecaman tak hanya datang dari lawan politik maupun warga Sunda, melainkan juga datang dari rekan satu partai.

“Menurut hemat saya berlebihan dan dapat melukai perasaan masyarakat Sunda,” kata anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Terbaru! Cara Daftar Bantuan KIP Kuliah 2022 Tanpa Bantuan Kampus, Segera Daftar Pakai HP Secara Gampang

Disebutkan politisi senior PDIP ini, pemecatan seseorang dari jabatannya, bukan dan tidak bisa didasari pada bahasa yang digunakannya.

“Pernyataan saudara Arteria ini seolah-olah mengindikasikan bahwa menggunakan bahasa daerah (Sunda) dianggap telah melakukan kejahatan berat dan harus dipecat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x