Komunitas Siger Tengah Bikin Kegiatan Rekam Reka Desa Designing Culture, Begini Tujuan Kegiatan Reka Desa 2021

- 23 November 2021, 21:25 WIB
Foto Kegiatan REKAM REKA DESA KOMUNITAS SIGER TENGAH
Foto Kegiatan REKAM REKA DESA KOMUNITAS SIGER TENGAH /

CerdikIndonesia - Sekitar 50 warga Desa Sidaharja berkumpul di Caffe Joglo, dusun Kedungjarian, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Ciamis-Jawa Barat, Minggu 21 November 2021.

Pelatihan ini merupakan rangkaian sekaligus puncak kegiatan dari Rekam Reka Desa “Designing Culture” sebuah kegiatan pemajuan kebudayaan desa KEMENDIKBUDRISTEK RI. Tujuan dari kegiatan ini untuk memantik imaji baru warga, dalam melihat seluruh objek-objek disekitaran kehidupan sehari-harinya.

Asep Zery Kusmaya sebagai Daya Desa Sidaharja yang ditunjuk langsung KEMENDIKBUDRISTEK menyatakan bahwa “kehidupan sehari-hari adalah kebudayaan, memajukan kehidupan sehari-hari juga merupakan ikhtiar dalam memajukan kebudayaan”.

Baca Juga: Segera Daftar ! Pendaftaran Pendamping Lokal Desa (PLD) 2021 Dibuka Hari ini, Hanya 4 Hari Waktu Daftar

Selain itu Asep mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan agar proses pemajuan kebudayaan desa menjadi kontekstual.

Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak tanggal 18 oktober hingga 21 November 2021. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan perekaman objek kebudayaan khususnya makanan tradisional.

Selain kegiatan perekaman Komunitas Siger Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sidaharja juga melakukan pendampingan kepada beberapa pengrajin makanan tradisional untuk mengupgrde kemasan produk makanan tradisionalnya.

Hasilnya berhasil mengupgrade empat produk makanan tradisional yaitu cuhcur, mie gilinding, gula kelapa/ gula jawa murni, dan kicimpring.

Baca Juga: Keren! Polres dan Tim Satgas Gugus Covid-19 Kabupaten Toba Tinjau Kegiatan Penanganan Covid-19

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x