WOW! Jurnalis Amerika yang Dipenjara Akhirnya Dibebaskan Pemerintah Myanmar

- 16 November 2021, 13:54 WIB
Panglima Militer Myanmar dan Pimpinan Partai Demokrasi Myanmar
Panglima Militer Myanmar dan Pimpinan Partai Demokrasi Myanmar /Soe Zeya/Reuters

CerdikIndonesia - Wartawan Amerika Danny Fenster menghabiskan hampir enam bulan di penjara Myanmar yang dikuasai militer. Danny Faster dijatuhi hukuman 11 tahun kerja paksa pekan lalu, ia baru dibebaskan Senin dan sedang memulai perjalanan pulang.

Fenster diserahkan kepada mantan diplomat AS Bill Richardson, yang membantu menegosiasikan pembebasan itu, dan keduanya mendarat di Doha, Qatar.

"Saya merasa baik-baik saja secara fisik,"  ujar Fenster

Baca Juga: Konflik Kudeta Myanmar Berlanjut, Seorang Anak Perempuan 7 Tahun Tewas di Pangkuan

Fenster yang memakai celana drawstring longgar dan topi rajut, mengilustrasikan "Ini hanya salah satu kekurangan yang sama dan hal-hal yang datang dengan segala bentuk penahanan. Semakin lama berlarut-larut, semakin khawatir Anda bahwa itu tidak akan pernah berakhir. Jadi itu adalah kekhawatiran terbesar, hanya saja perlu tetap waras melalui hal itu".

Saat masih dipenjara, Fenster mengatakan kepada pengacaranya bahwa dia yakin dia menderita COVID-19, meskipun otoritas penjara membantahnya.

Fenster, redaktur pelaksana majalah online Frontier Myanmar, dihukum jumat karena menyebarkan informasi palsu atau inflamasi, menghubungi organisasi ilegal dan melanggar peraturan visa.

Baca Juga: Perluasan Persenjataan Nuklir Milik China Hampir Setara AS, Pentagon: Diluar Dugaan

Beberapa hari sebelum keyakinannya, dia mengetahui bahwa dia telah didakwa dengan pelanggaran tambahan undang-undang terorisme dan pengkhianatan yang membuatnya berisiko hukuman penjara seumur hidup yang lebih lama.

Dia adalah salah satu dari lebih dari 100 wartawan, pejabat media atau penerbit yang telah ditahan sejak militer menggulingkan pemerintah terpilih pemenang Nobel Aung San Suu Kyi pada bulan Februari, dan itu adalah hukuman terberat.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x