Mendadak, China Temui Delegasi Taliban di Tianjin: Apa Saja Kepentingan China Kerja Sama dengan Taliban?

- 12 Agustus 2021, 13:42 WIB
Militan Taliban menyerahkan senjata mereka setelah bergabung dengan program rekonsiliasi dan reintegrasi pemerintah Afghanistan, di Herat, 30 Januari 2012.
Militan Taliban menyerahkan senjata mereka setelah bergabung dengan program rekonsiliasi dan reintegrasi pemerintah Afghanistan, di Herat, 30 Januari 2012. /Reuters/Mohammad Shoiab/

CerdikIndonesia - China tiba-tiba menemui anggota Taliban di Tianjin. Walaupun Pemerintah Amerika Serikat sempat mengatakan Taliban bagian dari kelompok radikal. 

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China pada tanggal 28 Juli 2021 lalu ketemu dengan anggota Taliban. Pertemuan tersebut dilakukan setelah pihak Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Wendy Sherman meninggalkan balek dari China.

Pertemuan China dengan Taliban menjadi sorotan dunia internasional.

 

Baca Juga: SEMAKIN TEGANG! China Kirim Dua Kapal Selam Tenaga Nuklir untuk Menjaga Militer Inggris, Kenapa Mendadak?

 

"Taliban di Afghanistan adalah kekuatan militer dan politik yang penting dan kemungkinan akan memainkan peran yang penting dalam proses rekonsiliasi dan rekonstruksi di Afghanistan," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi selama pembicaraan dengan delegasi Taliban yang dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar dikutip dari pemberitaan SCMPawal Agustus, Kamis 12 Agustus 2021.

Pertemuan China dengan tim Taliban itu berlangsung di sebuah hotel. 

Pengamat diplomatik mengatakan China masih jauh untuk mengakui kelompok itu sebagai pemerintah yang sah, akan tetapi sedang mempersiapkan kemungkinan jika ada pengambilalihan kekuasaan ketika rekonsiliasi gagal.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x