Gempa Maluku Tengah, Warga Panik Menaiki Bukit, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami, Tetapi Termasuk Daerah Rawan

- 17 Juni 2021, 07:21 WIB
Warga Tehoru, Maluku Tengah, berlarian menjauh dari bibir pantai karena air laut pasang dan masuk permukiman setelah gempa berkekuatan 6,0 magnitudo yang melanda Pulau Seram pada Rabu, 16 Juni 2021.
Warga Tehoru, Maluku Tengah, berlarian menjauh dari bibir pantai karena air laut pasang dan masuk permukiman setelah gempa berkekuatan 6,0 magnitudo yang melanda Pulau Seram pada Rabu, 16 Juni 2021. /Tangkapan layar video/Twitter @is_pelssy

CERDIKINDONESIA – Telah terjadi gempa di daerah Maluku Tengah dengan kekuatan 6.1 magnitudo. Sempat terjadi kepanikan warga di Tehoru karena ada tsunami kecil.

Gempa ini dirasakan pada Rabu, 16 Juni 2021 pukul 11.43 WIB, dan terjadi di laut dengan kedalaman 10 km.

Baca Juga: Jangan Tertipu Isu Gempa Bumi dan Tsunami Dahsyat! BMKG Beberkan Perbedaan Potensi dan Prediksi Berikut Ini

Pusat gempa sendiri berada di 7 km timur Tehoru dan 58 km barat daya Kobisonta, Maluku Tengah.

Dengan titik koordinat yaitu 3.39 Lintang Selatan (LS) dan 129.56 Bujur Timur (BT).

Gempa Maluku Tengah berkekuatan 6.1 magnitudo ini, dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, Kairatu, Saparua, dan Pulau Ambon.

Baca Juga: Gempa Bumi Hari ini Sabtu 5 Juni 2021 Landa 4 Kota,BMKG: Kota Sabang dan Ternate Gempa Susulan Kembali Terjadi

Mengingat kembali pada tahun 1899, dengan epicentrum berada di sebelah barat pusat gempa Maluku Tengah kemaren siang, pernah terjadi tsunami yang dahsyat.

Tsunami tersebut yaitu tsunami Elpaputih yang terjadi pada 30 September 1899 dengan dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 7.8 magnitudo.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x