Pasukan Setan TNI Terbang ke Papua, Kelompok Teroris OPM Jadi Target. Apa Yang Sudah Dikerjakan Pasukan Setan?

- 25 Mei 2021, 09:55 WIB
Pasukan Setan Dilepas ke Papua, Dengan Prosesi Tradisi Pemberangkatan Prajurit di Mayonif 315 Garuda
Pasukan Setan Dilepas ke Papua, Dengan Prosesi Tradisi Pemberangkatan Prajurit di Mayonif 315 Garuda /Foto : Penrem 061/

CERDIKINDONESIA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirim Pasukan Setan ke Papua guna menyelesaikan Teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pasukan Setan itu merupakan anggota TNI dari Batalyon Infanteri 315/Garuda, Bogor ini sudah diberangkatkan. Mereka juga akan bertugas hingga 2022. 

Pasukan Yonif 315/Garuda dikenal atau Pasukan Setan dikenal sebagai pasukan legendaris yang punya pengalaman penuh tempur di medan pegunungan berat.

 

Baca Juga: Banser Sebut Sudah Sampai Papua, OPM: Akan Kami Kubur

Batalyon ini dibentuk 20 Agustus 1949 dengan nama awal Batalyon Y dan bermarkas di daerah Cirebon, Ciamis sampai Kuningan.

Pada awal berdiri prajurit batalyon ini dipimpin tiga komandan yaitu Kapten Makhmud di Cirebon, Letda M, Suyogo dari Indramayu dan Lettu Sumaryo dari Banten. 2/GunturBatalyon Y kemudian berganti nama menjadi Batalyon 1515 Siliwangi pada Mei tahun yang sama. Kemudian berganti nama lagi jadi Batalyon 315/Siliwangi.

 

Kemudian setelah mengalami peremajaan dan reformasi, masuk organik dalam Brigade Infanteri 12/Guntur dan Brigade Infanteri 15/Tirtayasa pada 29 Januari 1963, batalyon ini resmi bernama Batalyon 315/Garuda pada 13 Agustus 1970.

Baca Juga: Perayaan Ulang Tahun OPM Tanggal 1 Desember,Polda Papua: Warga Diminta Tak Beraktivitas Diluar Rumah

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x