Banjir Rendam Dua Kabupaten di Kalimantan Selatan, BMKG Rilis Peringatan Dini

- 14 Mei 2021, 14:00 WIB
Banjir Kalimantan Selatan
Banjir Kalimantan Selatan /Dok.BNPB/

CerdikIndonesia- Hujan dengan intesitas tinggi sebabkan sungai Satui di Kabupaten Tanah Bumbu dan sungai Haruyan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah meluap.

Luapan sungai Santui dan sungai Haruyan ini menyebabkan banjir yang kini tengah merendam ratusan rumah warga sekitar daerah aliran sungai (DAS) di kedua lokasi di Kalimantan Selatan itu.

Tinggi banjir di kedua kawasan tersebut bervariasi.  Banjir terjadi hari Kamis, 13 Mei 2021, dengan waktu berbeda. Sungai Satui meluap pada pagi hari 06.00 WITA dan sungai Haruyan meluap pada 18.00 WITA.

Baca Juga: Akibat Gunung Gundul, Dua Kota Wisata di Parapat Dilanda Banjir Bandang

Dilaporkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bambu dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, terdapat 555 unit rumah warga yang terendam banjir di Kabupaten Tanah Bambu.

Selain itu, 55 hektar lahan pertanian siap panen juga terkena imbas dengan ketinggian muka air sekitar 100 cm hingga 150 cm.

Sedangkan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tercatat 629 rumah warga yang terkena banjir dengan ketinggian muka air sekitar 25 hingga 50 cm.

BPBD juga melaporkan saat ini warga di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing, dikarenakan banjir berangsur-angsur surut.

Baca Juga: Operasi Tim SAR Maumere Diperpanjang, Dua Korban Banjir Bandang di Adonara NTT Masih Dalam Pencarian

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x