Mulai Hari ini Sabtu 1 Mei 2021, Bandara Halim Perdanakusuma Akan Memasang Alat Tes GeNose, Untuk Mudik 2021

- 1 Mei 2021, 16:43 WIB
Ilustrasi  Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma
Ilustrasi Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma /Pikiran Rakyat/Amir Faisol

CerdikIndonesia - Bandara Halim Perdanakusuma,Jakarta Timur, menunjukkan bentuk kepedulian mereka dengan kebijakan pemerintah dalam melakukan pengetatan mudik 2021.

Pihak Bandara Halim Perdanakusuma akan memasang alat tes Covid-19 GeNose pada Sabtu, 1 Mei 2021 sebagai syarat bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara.

Baca Juga: Film ' Ajari Aku Islam' yang Merupakan Kisah Nyata Pasangan Cut Meriska & Roger

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna menyimpulkan bahwa pemasangan alat tes GeNose merupakan bentuk dukungan untuk kebijakan pengetatan mudik 2021.

Cara kerja GeNose sendiri memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi dalam hembusan nafas.

Orang yang dites akan diminta untuk menghembuskan napas di kantung khusus, kemudian hasilnya akan keluar.

Sebelum melakukan tes, pasien diminta tidak merokok, puasa atau tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbau khas, kurang lebih 30-60 menit sebelum pemeriksaan.

Baca Juga: Simak Empat Resiko Apabila Masih Memaksakan Diri Mudik Gunakan Travel Gelap, Salah Satunya Bisa Terpapar Virus

Tingkat akurasi GeNose diklaim sebesar 93-95 persen. Dibandingkan dengan tes PCR dan antigen, hasilnya dapat diketahui kurang lebih 3 menit dan dapat terhubung ke cloud system (IoT) sehingga dapat diakses secara online.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x