Pemakaman Kabinda BIN Papua, I Gusti Danny Nugraha Karya

- 26 April 2021, 18:36 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha.
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha. /Puspen TNI

CERDIK INDONESIA - Pada hari Senin, 26 April 2021 pukul 06.00 WIT jenazah Kabinda BIN yaitu Brigjen TNI, I Gusti Putu Danny Nugraha Karya akan disemayamkan di Yonif Raider 754 ENK/3 Kostrad.

Akan tetapi, jenazah akan dilepas terlebih dahulu dengan prosesi kemiliteran yang dihadiri oleh beberapa rekan kera sebelum diberangkatkannya ke Jakarta.

Dan, dalam proses kemiliteran ini dipimpin langsung oleh Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono.

Baca Juga: Kepala BIN Papua Ditembak Mati KKB di Beoga, Jenazah Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Kabinda Papua, Brigjen TNI, I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang gugur pasca kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua, akan dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata, setelah terlebih dahulu dikremasi di Krematorium Cibinong, Jakarta. Hal ini merupakan keterangan tertulis oleh Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto.


“Kabinda Papua gugur dalam menjalankan tugas, dan ini merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI, atas dedikasinya, almarhum akan diberikan penghormatan kemiliteran penuh, dan akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi secara anumerta, dari Brigadir Jenderal, menjadi Mayor Jenderal TNI Anumerta,” ujar Wawan Hari Purwanto, Senin, 26 April 2021.


Dikatakan, insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Sumedang, Kisah Haru dibalik Pemakaman Sopir Bus

Kejadian ini tidak akan menyurutkan mental dan moril insan Intelijen maupun Aparat Keamanan lainnya dalam memberantas segala ancaman nasional.


“BIN terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua yang selama ini meresahkan masyarakat. Kami mohon dukungan dan doa dari segenap rakyat Indonesia agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” tegas Wawan Hari Purwanto.


Dikatakan, Brigjen. TNI. I Gusti Putu Danny Karya Nugraha adalah sosok yang hangat dan berprestasi, dan dikenal memiliki karir cemerlang.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x