WADUH, Hari Ini Gunung Merapi Sudah 36 Kali Mengeluarkan Awan Panas, Ini Wilayah yang Terkena Dampaknya

- 27 Januari 2021, 20:31 WIB
Awan panas guguran Gunung Merapi terlihat dari Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 27 Januari 2021. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan pada tanggal 27 Januari 2021 telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1200 meter ke arah hulu Sungai Krasak./ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/
Awan panas guguran Gunung Merapi terlihat dari Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 27 Januari 2021. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan pada tanggal 27 Januari 2021 telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1200 meter ke arah hulu Sungai Krasak./ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ /

CERDIK INDONESIA - Hari ini, Rabu 27 Januari 2021, total sudah 36 kali Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas.

Awan panas Merapi menuju arah Barat Daya, atau ke hulu Sungai Krasak dan Sungai Boyong, Yogyakarta.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat, kejadian awan panas terpantau, mulai Rabu 27 Januari dini hari hingga pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: PERHATIKAN! Ini Tips Mengatasi Hujan Abu dari Letusan Gunung Merapi

Bahkan, telah terjadi dua kali guguran awan panas. Pertama, jarak luncur 3 Kilometer, pada pukul 12.53 WIB. Kedua, yaitu sejauh dua kilometer pada pukul 13.32 WIB.

"Tingginya intensitas guguran awan panas memicu terjadinya hujan abu dengan intensitas tipis. Seperti di beberapa desa wilayah Kecamatan Tamansari Kabupaten Boyolali dan Boyolali Kota, hujan abu yang terjadi akibat kejadian awan panas,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida saat konferensi pers, Rabu 27 Januari 2021 sore.

Terkait guyuran hujan abu vulkanik, dia mengimbau masyarakat terdampak erupsi Merapi untuk melakukan berbagai antisipasi.

Baca Juga: #PRAYFORMERAPI Trending Di Twitter, Merapi Muntahkan Lava 36 Kali

"Antara lain dengan memakai masker, menggunakan kaca mata dan menutup sumber air," kata dia.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x