Masjid di Belanda Jadi Sasaran Serangan Islamofobia

- 14 Desember 2020, 13:55 WIB
Protes unjuk rasa yang menentang adanya tindakan Islamofobia.
Protes unjuk rasa yang menentang adanya tindakan Islamofobia. /Pixabay/Knelstorm/

CerdikIndonesia – Masjid Ulu di provinsi Utrecht Belanda, yang terkait dengan Diyanet Foundation of Holland (HDV), mengalami serangan Islamofobia pada Sabtu malam waktu setempat, 12 Desember 2020.

Dewan masjid menjelaskan serangan itu menuliskan kalimat hinaan kepada Muslim di pintu masuk dan dinding masjid. Tak hanya itu, penyerang juga melukis salib.

Baca Juga: KPK Periksa Sekretaris Pribadi Edhy Prabowo Telusuri Dana Kasus Suap Benur

Penyerangan islamofobia itu ditanggapi dengan kesedihan kecemasan muslim. Kendati demikian, yayasan menyatakan akan tetap bersatu dan melanjutkan layanannya.

Bukan hanya menyerang masjid, di malam yang sama dua sinagog juga diserang. Kejadian penyerangan sinagog bahkan terjadi di distrik yang sama.

Baca Juga: Maudy jadi Jeng Sri, Netizen Twitter Ramaikan Tagar #LosmenBuBroto

“Kita harus menyadari bahwa ada orang yang memiliki emosi kebencian yang serius terhadap Muslim dan itu bisa melakukan serangan yang sangat serius. Karena itu, kami mendesak Kementerian Kehakiman dan Keamanan untuk mengambil tindakan pengamanan ekstra di sekitar masjid, ” kata pernyataan yang dikeluarkan dewan masjid.

Baca Juga: Lengkap! 2 Tersangka Kerumunan Petamburan Serahkan Diri Ke Mapolda Metro Jaya

Menurut media lokal, polisi telah menangkap seorang pria berusia 44 tahun. Namun, belum diketahui  apakah dia melakukan serangan itu sendirian.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Daily Sabah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x