Tips Menghafal Al-Qur'an Bukan Sekedar Wacana

- 8 Desember 2020, 06:42 WIB
Al Quran adalah kitab suci Agama Islam
Al Quran adalah kitab suci Agama Islam /TayebMEZAHDIA/Pixabay

CerdikIndonesia- Berikut tips cara menghafal Alquran 30 juz dengan mudah dan cepat:

1. Meluruskan Niat dengan Ikhlas karena Allah
Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Alquran. Jika niatnya salah seperti ada riya, ujub. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Alquran.

2. Menanamkan Keyakinan
Tanamkanlah pada diri kita bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah, maka kita akan merasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Alquran itu sulit, maka ia akan terasa sulit. 

Baca Juga: Kenapa Tanggal 9 Desember 2020 Ditetapkan sebagai Libur Nasional? Ini Alasannya

3. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Alquran
Karena struktur dan tampilan halaman Alquran terkadang berbeda-beda tiap penerbit, pastikan menghafal dengan mushaf yang sama sampai selecek-leceknya. Analogi menghafal Alquran itu sebenarnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori. Sehingga bentuk mushaf itu akan memengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

4. Murojaah
Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kita tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

Baca Juga: Menaker Ida: 9 Desember Tetap Libur Nasional Meski Daerahnya Tidak Selenggarakan Pilkada

5. Pasang Target Menghafal Alquran
Terkadang, di tengah menghafal Alquran, kita biasanya mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kalau sudah begitu, semangat kita biasanya akan berkurang. Sehingga kita merasa bahwa Alquran susah untuk dihafalkan. Agar kita tidak patah semangat, kita harus pasang target dalam menghafal Alquran.


6. Memperdengarkan Hafalan
Untuk menghindari bacaan yang salah, ayat atau halaman yang sudah dihafal sebaiknya diperdengarkan kepada orang lain. Ini bertujuan agar orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x