Pemerintah akan Berikan Santunan Bagi Keluarga Korban Penyerangan Sigi

- 30 November 2020, 18:48 WIB
Presiden Joko Widodo mengutuk keras aksi teror di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah
Presiden Joko Widodo mengutuk keras aksi teror di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah /Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

CerdikIndonesia - Presiden RI Joko Widodo menyatakan pemerintah akan memberikan santunan kepada keluarga korban kekerasan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban. Ini adalah tragedi kemanusiaan dan pemerintah akan memberikan santunan kepada mereka yang ditinggalkan," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin, 30 November 2020.

Baca Juga: Video Syur Mirip Gisel, Pakar Telematika Nyatakan Mirip 74 Persen

Sebelumnya, terjadi peristiwa pembunuhan dan pembakaran oleh teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora pukul 9.00 WITA.

Kelompok tersebut menyerang menyerang permukiman warga transmigrasi dan membunuh empat orang serta membakar beberapa buah rumah di Dusun Lima Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Kapolda Jabar: Tindakan RS UMMI Pidana Murni

"Saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya," kata Presiden.

Presiden Jokowi juga telah memerintah Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Rizieq Dapat Surat Panggilan, Polisi: HRS Akan Diperiksa 1 Desember

"Sekali lagi saya tegaskan tidak ada tempat di Tanah Air kita ini bagi terorisme," ujar Presiden.

Presiden Jokowi mengimbau seluruh rakyat Indonesia tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Baca Juga: Hasil Tes Swab Anies Usai Wagub DKI Positif Covid-19

"Terakhir, saya minta kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok tanah air agar semuanya tetap tenang, dan menjaga persatuan namun juga tetap waspada. Kita semua harus bersatu melawan terorisme," tutur Presiden menegaskan.

Baca Juga: Janji Tanding Lagi, Mike Tyson: Insya Allah Saya akan Lebih Baik di Ekshibisi Berikutnya

Peristiwa tersebut menimbulkan rasa ketakutan warga sehingga sampai saat ini sedikitnya 49 kepala keluarga masih mengungsi di Balai Desa Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi.***

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x