Benarkah Vaksin Covid-19 Mempunyai Efek Samping ?

- 17 November 2020, 08:18 WIB
Sebuah vaksin Covid-19 dari perusahaan Amerika Serikat bernama Moderna diklaim efektif cegah pandemi hingga angka 94,5 persen
Sebuah vaksin Covid-19 dari perusahaan Amerika Serikat bernama Moderna diklaim efektif cegah pandemi hingga angka 94,5 persen /The Global CA

 

CERDIKINDONESIA- Bagi sebagian masyarakat hal baru adalah hal tabu dan patut untuk dicurigai untuk membuat kewaspadaan pada diri sendiri.

Munculnya Vaksin Covid-19 membuat masayarakat bertanya-tanya, vaksin ini mempunyia efek samping yang bagaimana?

Baca Juga: Kolaborasi Vidi Aldiano Persama Penyanyi Idolanya PJ Morton, Berikut Liriknya

Akhirnya Prof Cissy Kartasasmita Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan bahwa ia tidak menemukan efek samping dari Vaksin Covid-19 yang parah terhadap relawan yang sudah dilakukan ujicoba.

"Info atau berita mengenai adanya yang meninggal, sakit berat, sakit punggung, itu tidak terbukti dari hasil uji klinik vaksin Covid-19. Setelah dilakukan penelitian, kejadiannya ternyata tidak berhubungan langsung dengan vaksinasi," Ungkap Cissy, Selasa, 17 November 2020.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Ada Kendala Pencairan BSU Termin II Tahap III

Untuk diketahui, uji klinik Vaksin Sinovac telah masuk tahap III dan penyuntikan kepada seluruh relawan selesai. Sejauh ini hasil uji klinik fase III dinyatakan aman dan tidak ditemukan reaksi berlebihan.

Dikutip oleh CERDIKINDONESIA dari RRI.co.id selama prosedur pembuatan vaksin tak luput dari peran teknologi juga sumber daya manusia yang terpercaya.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x