Naik Terus, Utang Indonesia Tembus Rp 5.764 Triliun

- 16 November 2020, 13:21 WIB
LOGO Bank Indonesia.
LOGO Bank Indonesia. /Kemenkeu/

CerdikIndonesia - Utang Indonesia semakin lama semakin naik, Kini beredar isu mengenai utang luar negeri (ULN) Indonesia yang mencapai US$408,5 miliar pada akhir kuartal III kemarin. 

Baca Juga: Segera Cek, Transferan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Sudah Cair!

Bank Indonesia (BI) mencatat utang tersebut setara dengan Rp5.764,9 triliun (kurs Rp14.112 per dolar AS). Dengan perkembangan tersebut, ULN Indonesia tumbuh 3,8 persen secara year on year (yoy) pada akhir triwulan III 2020. 

Hal ini menurun dibandingkan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,1 persen (yoy). BI juga merinci, utang tersebut berasal dari beberapa sumber. 

Pertama, dari utang luar negeri sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$200,2 miliar. Kedua, sebesar US$208,4 miliar yang berasal atau dihimpun oleh sektor swasta dan BUMN.

Baca Juga: Benarkah Gempa dan Tsunami Akan Tenggelamkan Kota Padang ?

Yang dihimpun dari rri.co.id, BI menyatakan dari sisi ULN pemerintah, utang tumbuh melambat dibandingkan kuartal sebelumnya. Pasalnya, pada akhir kuartal III, ULN pemerintah hanya tercatat US$197,4 miliar atau tumbuh 1,6 persen yoy. 

Itu menurun dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 2,1 persen (yoy). Perlambatan pertumbuhan ini sejalan dengan penyesuaian portofolio di pasar SBN Indonesia oleh investor asing akibat masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global. 

Baca Juga: Gramatika Penulisan Konten Online, Fungsi dan Kesalahan yang Sering Kali Terjadi

Halaman:

Editor: Safutra Rantona

Sumber: rri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x