Lagi, Deretan informasi Hoax di Indonesia

- 16 November 2020, 11:55 WIB
Foto syur hoax disebut mirip Anya Geraldine viral di media sosial
Foto syur hoax disebut mirip Anya Geraldine viral di media sosial /Kolase Instagram Anya Geraldine/Twitter

CerdikIndonesia - Setidaknya sepanjang pekan ini telah beredar informasi keliru alias Hoax yang memenuhi beranda di  media sosial.

Beberapa yang sempat menarik perharian adalah  informasi keliru soal pelemparan telur ke kepala Presiden Perancis Emmanuel Macron yang termuat dalam video.

Padahal tayangan rekaman dalam video itu terjadi pada Februari 2017 dan tidak ada kaitannya dengan komentar Macron yang dinilai menyinggung umat Islam.

Berita serupa, soal pengenaan biaya penukaran tabung elpiji juga muncul ketika Pertamina sedang mempromosikan program penukaran tabung elpiji 12 kilogram ke Bright Gas.

Baca Juga: Rekor Covid-19, Ini Dia Penyebabnya

Penjelasan Pertamina, Tak Ada Tambahan Biaya Penukaran Tabung Biru ke Bright Gas Sejumlah akun Facebook mengedarkan informasi yang isinya penukaran tabung biru elpiji 12 kilogram ke tabung pink (Bright Gas) lewat akhir tahun 2020 akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 500.000. Sementara, bila ditukarkan sebelum pengujung tahun, tidak dikenakan biaya tambahan

Tidak hanya itu, media sosial juga dipenuhi dengan informasi gelombang panas yang sedang melanda Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan, informasi tersebut tidak tepat karena kondisi suhu panas dan terik saat ini tidak bisa dikatakan sebagai gelombang panas.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19: Allah akan Minta Pertanggungjawaban Orang yang Berkerumun

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x