Ini Hal Yang Tidak boleh Dilakukan Saat Khutbah Jum'at

- 6 November 2020, 09:52 WIB
Ilustrasi khutbah Jumat tema rendah hati.
Ilustrasi khutbah Jumat tema rendah hati. /Pixabay/Charlemagne

CerdikIndonesia- Agar moment sholat jum'at tidak sia-sia, ada beberapa larangan yang dilakukan saat sedang mendengarkan khutbah Jum'at.

1. Berbicara saat khatib sedang khutbah 

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Namir, dari Mujalid, dari Asy-Syabi, dari Ibnu Abbas yang telah mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang berbicara pada hari Jumat, padahal imam sedang berkhotbah, maka perumpamaannya sama dengan keledai yang memikul kitab-kitab yang tebal. Dan orang yang berkata kepadanya, "Diamlah!" Maka tiada (pahala) Jumat baginya.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Habib Rezieq Bukan Orang Suci

2. Melangkahi Pundak Orang Lain

Dari Jabir bin Abdullah berkata, "Seorang laki-laki masuk masjid pada hari jum'at sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkhutbah. Laki-laki itu melangkahi orang-orang hingga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Duduk! Sungguh engkau telah terlambat dan menyakiti (orang lain). "

Baca Juga: Siapa dibalik Kepulangan Habib Rizieq

3. Duduk sambil memeluk lutut 

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah.” (HR. Tirmidzi no. 514 dan Abu Daud no. 1110. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan) Imam Nawawi mengatakan larangan duduk memeluk lutut saat mendengarkan khutbah agar tetap terjaga dan tidak tidur.***

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Cerdikindonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x