Optimisme Harus Dibangun Saat Pandemi Covid19, Kemendag Dorong Konsumsi Kopi Lokal Meningkat

- 4 Oktober 2020, 09:40 WIB
Ilustrasi Kopi
Ilustrasi Kopi /Literasi News/Hasbi NR

CerdikIndonesia - Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, sekaligus Ketua Dewan Organisasi Kopi Internasional periode 2019/2020, Iman Pambagyo, menyampaikan pentingnya membangun optimisme di tengah tantangan besar yang dihadapi sektor kopi nasional akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kemendag Kolaborasi dengan Facebook, Apa yang Jadi Cakupan Tujuannya?

Untuk mendorong sektor kopi nasional, selain dengan meningkatkan ekspor, bisa dilakukan dengan meningkatkan konsumsi kopi di dalam negeri. Hal ini disampaikan Iman saat membuka Hari Kopi Internasional 2020 pada Kamis (1/10) secara virtual. Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah rangkaian perayaan Hari Kopi Internasional 2020 pada 1–4 Oktober 2020 ini. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual. Hari Kopi Internasional 2020 dirayakan di Indonesia dengan tema “Towards the Vision of Indonesia as a World Coffee Paradise: From Farmers to Customers”.

Baca Juga: Rafathar Sampaikan Protes ke Raffi Ahmad, Bisa Enggak Sih Ketemu Sama Aa Enggak Usah Pakai Kamera?

 

Sedangkan perayaan Hari Kopi Internasional di dunia mengusung tema “Supporting the Next Generation”.

“Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbesar, sekaligus konsumen kopi terbesar di dunia, perlu terus mengembangkan pasar dan menggali peluang-peluang yang potensial. Kombinasi antara penjajakan pasar domestik dan pasar luar negeri dapat menjadi strategi untuk beradaptasi di kala pandemi,” jelas Iman.

Baca Juga: Keluarga Korban Bentrokan Maut Mengadu ke Komnas HAM, Apa yang Mengganjal dari Kasus Tersebut?

Menurut Iman, dinamisnya pertumbuhan konsumsi kopi di dalam negeri menjadi potensi yang layak dieksplorasi oleh pelaku usaha kopi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x